Ulasan Tentang Gejala GERD, Faktor Penyebab Hingga Langkah Penanganannya Ada Di Promag

GERD merupakan singkatan dari gastroesophageal reflux disease, yaitu merupakan sebuah masalah yang menyerang sistem pencernaan, dimana asam lambung menjadi naik hingga bagian kerongkongan. Umumnya orang-orang lebih mengenal penyakit ini dengan nama penyakit asam lambung.

Sangat mungkin dialami oleh siapa saja, termasuk diantaranya adalah yang memiliki pola makan tidak sehat. Umumnya GERD sendiri juga bukan penyakit yang langsung bisa disembuhkan, kondisi ini bisa kambuh kembali, ketika dipicu oleh faktor penyebabnya, sehingga harus berhati-hati

Kali ini saya ingin mengulas penyakit GERD mulai dari gejala penyakit tersebut hingga langkah penanganannya. Penting untuk disimak, agar jika seandainya Kamu mengalami kondisi tersebut, maka tidak akan kebingungan mengenai solusi dalam pengobatannya.

Apalagi pada dasarnya GERD ini sendiri juga bukanlah sesuatu yang dapat disepelekan. Faktanya ketika kondisinya sudah cukup parah dan juga berulang, maka kerap kali ia menyebabkan resiko komplikasi dengan beberapa gangguan kesehatan lain yang tidak kalah berbahaya, jadi harus diwaspadai.

Ada beberapa gejala GERD diantaranya adalah:

  1. Rasa kurang nyaman karena seperti ada makanan yang masih menyangkut di kerongkongan, rasa sulit untuk menelan sampai dengan cegukan.
  2. Sensasi panas atau terbakar di bagian dada, dikenal juga dengan istilah heartburn, hal ini bahkan dapat menyebar hingga ke bagian leher.
  3. Rasa sakit atau nyeri yang terjadi pada ulu hati.
  4. Rasa asam hingga pahit di mulut, padahal tidak sedang mengonsumsi makanan, hal ini disebabkan karena cairan asam lambung tersebut naik. Bahkan juga masuk sampai ke mulut.
  5. Terdapat cairan maupun makanan yang naik sampai ke mulut. Pada beberapa orang akan mengalami mual hingga muntah.
  6. Masalah yang terjadi pada pernapasan, karena hal ini juga akan menyebabkan dada terasa sesak.
  7. Perubahan pada suara, menjadi lebih serak.
  8. Sakit pada bagian tenggorokan.

Faktor-faktor penyebab GERD yang harus diwaspadai, yaitu:

  1. Obesitas, orang-orang yang memiliki berat badan berlebih, maka timbunan lemak pada area perut juga sering menyebabkan sfingter esofagus menjadi lemah, sehingga cairan asam lambung naik.
  2. Mengosongkan perut dalam jangka waktu yang lama.
  3. Perokok, kebiasaan merokok juga bisa memicu GERD.
  4. Mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak dalam satu waktu.
  5. Makan mendekati waktu tidur.
  6. Makan secara berlebihan, khususnya makanan pemicu GERD yaitu makanan berlemak, pedas, asam dan digoreng.
  7. Mengonsumsi kafein.
  8. Mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid.

Meskipun tidak dapat diobati secara tuntas, namun penyakit yang satu ini dapat dikendalikan atau ditangani, berikut ini penanganan yang dapat dilakukan untuk atasi GERD, yaitu:

  1. Konsumsi obat antasida, yaitu jenis obat yang mampu untuk menetralkan kembali asam lambung. Ia termasuk kategori obat tanpa resep dan dapat dengan mudah dijumpai di pasaran, misalnya adalah Promag.
  2. Mengonsumsi obat dengan resep dokter, misalnya saja kategori obat H-2 receptor blocker, penghambat pompa proton dan sejenisnya.

Ulasan tentang gejala GERD bisa kamu temukan lebih lengkapnya dengan membaca di website resmi mereka yaitu promag.id. patut untuk diketahui bahwa GERD ini adalah kondisi yang dapat berulang. Jadi setelah terkena GERD sangat dianjurkan untuk mulai menghindari faktor-faktor yang dapat memicunya, sehingga nantinya penyakit tersebut tidak akan kambuh kembali.

GERD yang tidak segera diatasi nyatanya juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius, bahkan tak menutup kemungkinan memunculkan sel-sel agresif yang tidak terkendali seperti tumor hingga kanker, Semoga berguna dan bermanfaat.