Trik Memilih Asuransi Mobil Sesuai Kebutuhan

Penting memilih asuransi mobil yang cocok agar kedepannya pembayaran premi bisa dilakukan dengan lancar.  Seperti diketahui, kegiatan pembelian mobil setiap tahun semakin meningkat tidak hanya terjadi di kota besar namun juga di pedesaan. Nah untuk perlindungan mobil, tentu Anda membutuhkan yang namanya asuransi.

Dalam pemilihan asuransi untuk mobil tujuannya adalah untuk memberikan Anda rasa aman ketika mengendarai mobil dan membantu Anda menangani biaya yang tak terduga pada mobil tersebut. Asuransi untuk mobil ini cara kerja yang hampir sama dengan asuransi kesehatan. Pada asuransi kesehatan melindungi jiwa dan raga, sementara asuransi pada mobil melindungi mobil tersebut.

 

Pilihan Asuransi Mobil

Ada dua pilihan asuransi mobil yakni asuransi mobil all risk atau disebut juga komprehensif dan Total Loss Only (TLO). Kedua jenis asuransi ini memang punya tujuan yang sama yaitu untuk melindungi mobil. Tetapi keduanya punya perbedaan yang cukup jauh.

Untuk asuransi mobil all risk, perlindungan mobil dilakukan secara menyeluruh untuk berbagai kerusakan. Mulai dari kerusakan ringan, misalnya goresan saja Anda bisa melakukan klaim terhadap mobil tersebut ke perusahaan asuransi. Nanti juga bisa lakukan klaim untuk kerusakan lainnya seperti tabrakan, bahkan pencurian mobil ini bisa ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi.

Mobil yang terdampak pada kerusakan akibat bencana alam seperti banjir, gempa dan juga kerusakan akibat huru-hara semuanya bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi. Berbeda dengan asuransi mobil TLO, di mana anda hanya bisa ajukan klaim untuk mobil dengan kerusakan secara total. Kerusakan total ini termasuk dalam mobil yang hilang saat pencurian atau mobil yang punya kerusakan dengan tingkat parah yaitu sekitar 75%. Tetapi asuransi jenis TLO tidak akan menanggung kerusakan mobil di bawah 75%. Soalnya mobil mengalami penyok atau bagian kaca spion yang dicuri ini tidak akan tercover oleh asuransi jenis Total Loss Only.

 

Melakukan Penggabungan Kedua Jenis Asuransi

Ini tentu bisa saja dilakukan dan memberikan keuntungan berbeda. Namun pastikan bahwa anda sudah tahu asuransi mana yang memang sangat dibutuhkan agar tidak mengalami kerugian. Sistemnya adalah Anda bisa menggunakan asuransi all risk terlebih dahulu untuk 3 tahun pertama lalu dilanjutkan dengan Asuransi Total Loss Only, sistem ini sangat diperbolehkan.

Perbedaan yang muncul saat memilih asuransi all risk dan TLO, terlihat pada biaya premi yang harus dibayarkan. Tentu saja all risk akan memberikan biaya premi lebih tinggi karena manfaatnya juga lebih banyak yang bisa Anda rasakan. Namun bagi Anda yang memiliki budget terbatas tetapi tetap ingin menggunakan asuransi, sebaiknya pilih asuransi TLO karena biaya preminya rata-rata rendah.

Jika ditarik kesimpulan, Apakah asuransi jenis TLO ini sebaiknya digunakan untuk kendaraan yang digunakan di dalam kota. Ini karena kegiatan mobilitas lebih tinggi,  tingkat kecelakaan juga tinggi dan sebaliknya.

 

Jadi itu tadi beberapa trik dalam pemilihan asuransi mobil supaya Anda bisa menemukan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Bagi Anda yang sedang berencana untuk membeli polis asuransi untuk mobil, bisa mendapatkannya dari platform yang tepat yakni Lifepal. Di Lifepal terdapat diskon premi hingga 25% dan biaya preminya juga terbilang lebih rendah jika dibandingkan dengan platform lain. Untuk pilihan perusahaan asuransinya juga sangat banyak, Anda bisa memilih sesuai yang diinginkan dan dibutuhkan. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa kunjungi website resmi Lifepal di Lifepal.co.id.