Simak Perbedaan Tali Tampar Dan Tali Manila Berikut Ini!

 

Apakah anda sering mendengarkan istilah tali tampar dan tali manila dan bingung cara membedakannya? Karena pada dasarnya, kedua tali ini memiliki beberapa perbedaan dari berbagai faktor. Secara umum jenis tali tampar pembuatannya menggunakan serat sintetis. Sementara pada tali Manila dibuat dari serat alami. Bahkan keduanya sering disebut sebagai tali sintetis dan tali alami.

Mengenal Tali Tampar Dan Tali Manila

Tali tampar dibuat dari bahan serat polyethylene. Kali ini sendiri dipakai untuk alat pengikat pada barang barang Cargo. Tali pengikat ini terbilang cukup kuat sehingga barang yang akan dikirim pada kapal kargo lebih aman dan tidak mudah berantakan apalagi rusak selama perjalanan.

Sementara itu, untuk tali manila bahan pembuatannya adalah serat abacha yang didapatkan dari tanaman pisang dari negara Filipina. Makanya tali ini disebut dengan nama Manila karena diadaptasi dari ibukota Filipina. Tali ini sendiri digunakan untuk berbagai keperluan umum, untuk memancing dan juga kelautan. Namun tali manila juga digunakan untuk dekoratif dan karena dibuat dari bahan alami maka kali ini bisa mengalami penyusutan sekitar 15% dan diameternya akan mengembang saat basah.

Perbedaan Tali Tampar Dan Tali Manila

Ada beberapa perbedaan dari kedua jenis tali ini yang bisa anda baca sebagai berikut.

1. Komposisi

Dari segi komposisi sudah diketahui bahwa tali tampar dibuat dari serat sintetis sementara tali manila dibuat dari serat abacha. Berdasarkan komposisinya, sebenarnya tali sintetis dibuat agar mirip dengan tali manila namun memiliki fitur dan manfaat tambahan.

2. Kekuatan

Perbedaan dari segi kekuatan pada kedua tali ini juga bisa anda bandingkan. Tali dari bahan alami memiliki kekuatan yang relatif. Hanya saja untuk tali manila dengan diameter paling kecil mempunyai kekuatan putus minimal 540 lbs. Sementara pada diameter terbesar dari tali manila punya kekuatan putus minimal 27900 lbs.

Kemudian untuk tali tampar sendiri cenderung lebih kuat dibanding dari tali yang dibuat dari bahan alami. Kekuatannya sendiri bahkan hampir 50% lebih besar .

3. Ketahanan

Sementara jika berbicara soal daya tahan maka tali alami sangat bisa diandalkan untuk digunakan pada lingkungan yang punya temperatur tinggi. Manila tidak akan mudah rusak apabila terkena panas langsung dari api. Namun tali alami ini tidak bisa bertahan untuk tingkat kelembaban yang tinggi karena akan mengalami pembusukan dan bisa kehilangan banyak kekuatan.

Sementara untuk tali jenis tampar punya kelebihan yaitu sangat handal untuk lingkungan yang basah. Tali dari bahan sintetis ini anti jamur dan aman dari pembusukan. Sangat cocok dipakai untuk daerah pesisir pantai dan juga di atas kapal atau air. Tali sintetis juga tahan terhadap abrasi serta mampu menahan gesekan yang lebih sering.

4. Penggunaan

Tali manila dan tampar sama-sama bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan dekorasi. Bisa juga dimanfaatkan untuk tarik tambang, lansekap, restorasi dan masih banyak lagi. Namun tampar lebih banyak dimanfaatkan untuk proyek kelautan seperti misalnya di perahu.

Sekarang tentu anda sudah tahu perbedaan antara tali tampar dan tali manila. Anda yang sedang membutuhkan tali jenis tampar, apa bisa membelinya di toko terbaik yaitu Mega Jaya.

Di Mega Jaya bisa menemukan berbagai ukuran dari tampar mulai dari ukuran terkecil sampai yang terbesar dengan berbagai variasi harga yang ditawarkan. Temukan berbagai tali tampar disini! Dapatkan pula harga terbaik untuk pembelian tampar dengan jumlah tertentu.