Manfaat Penggunaan Humidifier di Rumah

Manfaat Penggunaan Humidifier di Rumah – Humidifier adalah alat pelembap udara yang akan bekerja dengan menyemprotkan uap air ke udara. Penggunaan humidifier memang bisa membuat kelembapan di suatu ruangan tetap terjaga.

Baiknya, kelembapan udara di dalam sebuah ruangan berkisar antara 30 hingga 50 persen. Bila tingkat kelembapannya terlalu rendah bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan mengiritasi saluran pernapasan.

Namun, agar humidifier bisa tetap memberikan manfaat sebaiknya Anda memerhatikan juga aturan penggunaannya. Karena bila digunakan secara berlebihan, justru akan memperburuk gangguan pernapasan yang diderita sebelumnya.

Lantas apa sajakah manfaat yang bisa diberikan oleh penggunaan alat ini, berikut penjelasannya.

Melembapkan Kulit dan bibir Pecah

Penggunaan AC dalam waktu yang lama, bisa membuat udara menjadi kering, sehingga kelembapan kulit dan bibir bisa terganggu. Fungsi humidifier yang membantu menjaga kelembapan udara, bisa membantu mencegah kondisi tersebut, terutama jika Anda terlalu sering menghabiskan waktu di ruangan ber-AC.

Mengurangi dan Mencegah Risiko Iritasi mata

Saat udara kering, udara dan partikel asing bisa bertebaran dengan sangat cepat. Kondisi ini menyebabkan permukaan mata teriritasi. Udara yang berhasil dilembabkan oleh humidifier, bisa mengurangi penyebaran partikel dan debu di udara sehingga menghindarkan Anda dari risiko iritasi mata.

Mencegah Sakit Tenggorokan

Kadar kelembapan di ruangan yang sangat rendah juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Penggunaan humidifier dalam jumlah cukup, bisa meringankan kondisi ini dengan cara meningkatkan kelembapan udara dalam ruangan. Jika Anda tengah sakit tenggorokan, maka bisa memanfaatkan alat ini untuk membantu proses penyembuhan dan menggunakannya kembali di saat udara di ruangan terasa kering dan butuh kelembapan.

Meredakan Flu dan Batuk

Manfaat humidifier yang keempat adalah, bisa membantu meredakan flu dan batuk. Di mana slaah satu penyebab timbulnya sakit ini dikarenakan lingkungan uadara yang kering. Tidak hanya itu, humidifier juga bermanfaat menghilangkan rasa tidak nyaman akibat gejala alergi yang bisa menyerang saluran pernapasan kapan saja.

Itu dia beberaoa manfaat yang bisa didapat dari penggunaan humidifier. Selanjutnya agar alat ini tidak berbalik menyerang kesehatran Anda, maka bersihkanlah secara rutin dan gunakan secara bujak, agar udara di ruangan tidak menjadi pengap dan memicu pertumbuhan jamur, bakteri, atau tungau.