Lakukan Perbaikan Atap Rumah, Aman di Saat Hujan

Teriknya matahari, hembusan angin yang kencang serta guyuran hujan yang deras tentu akan membuat kualitas atap rumah menurun. Sehingga lama kelamaan katahanan atap pun akan berkurang dan berpotensi atap menjadi rusak. Sehingga saat musim penghujan tiba tentu akan membuat Anda menjadi khawatir terjadi kebocoran pada atap rumah Anda. Dengan terjadi kebocoran pada atap rumah maka akan membuat air bisa masuk ke dalam rumah dan hal ini akan cukup mengganggu bagi penghuni rumah. Sehingga mau tidak mau harus dilakukan perbaikan atap rumah.

 Berikut cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk perbaikan atap rumah.

1. Pemberian Lapisan Waterproof

Perubahan cuaca setiap tahunnya tentu akan membuat atap kita rentan dengan kerusakan dan mengalami kebocoran. Untuk mencegah itu terjadi lakukan pengecekan secara berkala dan jangan lupa gunakan lapisan waterproof. Seperti yang kita ketahui lapisan waterproof berguna untuk menambal kebocoran pada atap rumah agar tidak bocor lagi. Bagian atap yang bocor dapat ditambal dengan waterproof karena mengandung bahan anti air sehingga mencegah air merembes.

2. Perhatikan Kemiringan Atap

Atap rumah biasanya dirancang miring untuk mempermudah aliran air di saat bujan. Olehkarena itu apabila atap rumah Anda agak landau dan datar maka bisa jadi itu menjadi penyebab kebocoran karena air akan  terhambat untuk mengalir dan akan menyebabkan genangan air pada atap rumah. Untuk itu perhatikan kemiringan atap yang biasanya berkisar 30-40 derajat. Selain itu Anda bisa mengurangi sambungan atap karena hal ini juga berpotensi menjadi penyebab kebocoran.

3. Perbaikan Genting

Secara tidak sengaja bisa saja genting atau seng atap rumah melorot karena tertiup angina yang cukup kencang. Apabila hal ini terjadi maka Anda harus secepatnya membetulkan letak genting tersebut. Selain itu lakukan penggantian pada genting yang retak atau rusak. Barangkali ketika Anda mengecek atap rumah bagian genting yang tidak sengaja terinjak maka genting tersebut retak atau bahkan rusak. Maka harus dilakukan penggantian genting yang rusak tersebut. Sehingga waktu hujan turun, atap tidak mengalami kebocoran. Lakukan pengecekan secara rutin untuk mengetahui kondisi atap rumah Anda bermasalah atau tidak.

4. Bersihkan Talang Air

Talang air yang kotor, bisa saja diakibatkan oleh sampah daun-daun yang meranggas maka bisa mengakibatkan tersumbatnya aliran air di waktu hujan. Sehingga air akan menggenang dan tidak bisa mengalir dengan cepat sehingga akan mengakibatkan atap tidak mampu menampung air hujan dan bisa meluber kemana-mana. Oleh karena itu, sebelum datang musim hujan lakukan pembersihan pada atap rumah dan talang air. Lebih baik lagi apabila dilakukan pembersihan secara berkala.

5. Tebang Pohon yang Melebihi Ketinggian Rumah

Apabila di sekitar rumah Anda terdapat pohon-pohon yang tingginya melebihi rumah Anda, sebaiknya potong pohon tersebut sehingga tingginya tidak melebihi rumah Anda. Karena dengan ketinggian pohon yang melebihi atap rumah, maka daun-daun dari pohon tersebut berpotensi akan jatuh ke atap rumah Anda dan akan menumpuk sehingga akan menyumbat saluran air pada atap rumah Anda.

Itu tadi beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk perbaikan atap rumah. Lakukan pemeliharaan secara berkala sehingga Anda bisa mengetahui kondisi atap rumah Anda. Sehingga pada waktu musim hujan rumah Anda akan terhindar dari kobocoran. Untuk Anda yang memerlukan jasa perbaikan atap rumah, Sejasa.com menjadi solusi bagi Anda untuk menemukan jasa perbaikan atap rumah. Sejasa.com memberikan solusi untuk segala kebutuhan Anda.