Cara Memblokir, Menonaktifkan, Dan Menghapus Akun Facebook

Ditulis oleh Carisinyal – Diperbaharui 26 Oktober Walaupun memiliki banyak sisi positif, namun terkadang Facebook juga memberikan dampak negatif bagi kita. Contohnya adalah banyaknya kasus bullying hingga kasus penculikan yang bermula dari berkenalan di Facebook. Untuk menghindari dampak buruk tersebut, banyak pengguna yang akhirnya menonaktifkan atau menghapus akun Facebook mereka.

Jika Anda merupakan salah satu pengguna yang ingin pergi sejenak atau pergi selamanya dari kepenatan Facebook, kali ini Carisinyalakan mengulas langkah-langkah mudah untuk melakukannya.

Cara Menonaktifkan Facebook
Menonaktifkan akun Facebook merupakan cara yang paling aman jika Anda ingin sejenak keluar dari Facebook. Dengan cara ini Anda tidak akan kehilangan satupun information yang telah Anda simpan dan bisa mengaktifkannya kembali kapan saja. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pastikan Anda sudah memiliki akun Facebook dengan cara mendaftarnya di sini.

2. Klik tombol berbentuk mata panah di pojok kanan atas, kemudian pilih opsi pengaturan.

three. Pada menu di sebelah kiri, klik menu keamanan. Setelah itu klik opsi “Nonaktifkan akun Anda” yang terletak di sebelah kiri bawah.

four. Pilihlah salah satu poin yang menjadi alasan kenapa Anda memutuskan untuk menonaktifkan akun Facebook Anda. Setelah itu, klik tombol konfirmasi yang terdapat di bawahnya.

Cara Menghapus Facebook
Jika Anda benar-benar tidak ingin lagi memiliki akun Facebook, maka menghapusnya secara permanen merupakan pilihan yang terbaik. Namun ingat, dengan menghapus akun Facebook secara permanen maka semua information, foto, dan berbagai macam hal lainnya akan hilang.

Oleh karena itu sebelum menghapusnya, ada dua hal yang wajib kita lakukan agar tidak menyesal di kemudian hari. Kedua hal tersebut adalah melakukan backup data dan juga memutuskan hubungan dengan aplikasi pihak ketiga.

1. Backup Data
Ingatlah berapa banyak memori yang tersimpan di akun Facebook Anda yang mungkin sewaktu-waktu ingin Anda buka kembali. Oleh karena itu agar Anda tidak menyesalinya di kemudian hari, alangkah baiknya jika Anda memback-up terlebih dahulu semua knowledge yang tersimpan di dalamnya.

Untungnya Facebook menyediakan fitur yang dapat membackup semua data tersebut hanya dengan sekali klik. Berbagai information yang akan dibackup di antaranya adalah foto, standing yang pernah dibuat, hingga iklan yang pernah diklik. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Klik tombol yang berada di pojok kanan atas yang akan memunculkan sebuah menu drop-down, kemudian pilih opsi pengaturan.

2. Setelah itu akan muncul halaman pengaturan umum akun yang berisi informasi umum mengenai akun Facebook Anda. Klik opsi “Unduh salinan knowledge Facebook Anda” yang terletak di bawah informasi tersebut.

3. Pada halaman selanjutnya klik tombol “Mulai Arsip Saya”. Setelah itu Facebook akan mulai melakukan proses pengumpulan information hingga tiga jam tergantung dari banyaknya data yang Anda miliki.

four. Jika sudah selesai, Facebook akan mengirimkan e-mail berisi hyperlink download knowledge tersebut. Sebelum mengunduhnya, Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi terlebih dahulu. Setelah itu klik tombol “Simpan” yang terdapat di sebelah kanan bawah untuk memulai proses pengunduhan knowledge.

2. Memutuskan Akun Yang Terhubung
Salah satu kebijakan Facebook adalah memberikan waktu jeda 14 hari ketika kita memutuskan untuk menutup akun Facebook. Artinya setelah kita menekan tombol hapus, akun kita baru benar-benar terhapus 14 hari mendatang. Jika dalam waktu 14 hari tersebut kita membuka akun Facebook lagi, maka proses penutupan akan dibatalkan secara otomatis.

Selain membuka akun Facebook, pembatalan juga akan dilakukan jika terdapat aktivitas dari aplikasi pihak ketiga yang terhubung ke akun Facebook Anda seperti Twitter, Instagram, Path, dan lainnya. Oleh karena itu, ikutilah langkah-langkah di bawah ini agar berbagai aplikasi tersebut tidak mengganggu proses penutupan akun Facebook Anda.

1. Klik tombol di pojok kanan atas, kemudian pilih opsi pengaturan yang terdapat pada menu drop-down.

2. Pilih tab aplikasi yang ada di menu sebelah kiri untuk memunculkan berbagai macam aplikasi yang terhubung ke akun Facebook Anda. Setelah itu, klik tombol X yang terdapat di samping kanan setiap aplikasi tersebut untuk menghapusnya. Hapuslah semua aplikasi tersebut secara keseluruhan.

Jika Anda sudah melakukan backup information dan menghapus semua aplikasi yang terhubung, maka kini Anda dapat memulai proses untuk menutup akun Facebook, caranya:

1. Kunjungi halaman Pusat Bantuan Facebook untuk penghapusan akun di sini. Setelah itu klik tombol “Hapus akun saya”.

2. Setelah mengklik tombol tersebut akan muncul sebuah pop up. Di sana Anda diharuskan untuk menuliskan kata sandi serta kode CAPTCHA yang terdapat pada gambar. Kemudian klik tombol “Oke” untuk melanjutkan.

Sebuah pop-up akan kembali muncul dan menginformasikan bahwa akun Anda dihapus secara permanen setelah 14 hari. Jika selama 14 hari tersebut Anda kembali melakukan login ke Facebook, maka proses penghapusan akun akan dibatalkan secara otomatis.

Oleh karena itu untuk memastikan proses menghapus akun Facebook ini berjalan dengan sempurna, Anda dilarang untuk membuka akun Facebook selama 14 hari. Pastikan juga data login Anda di berbagai perangkat seperti smartphone dan pill sudah dihapus agar Anda tidak masuk secara otomatis ke Facebook.

Cara Memblokir Facebook
Jika menonaktifkan atau menghapus akun Facebook dirasa terlalu berat, maka Anda juga dapat memblokir Facebook teman yang menjengkelkan saja. Caranya juga sangatlah mudah dan dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik saja. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Cara 1
1. Klik tombol berbentuk mata panah di pojok kanan atas, kemudian pilih opsi pengaturan yang muncul pada menu drop-down.

2. Pilih menu pemblokiran kemudian tulislah nama teman yang ingin diblokir di kolom blokir pengguna. Di halaman tersebut Anda juga bisa memblokir undangan acara, memblokir undangan aplikasi, atau memblokir aplikasi itu sendiri.

Cara 2
1. Buka profil teman yang ingin Anda blokir, kemudian klik menu yang ada di sebelah kanan atas dan pilih opsi “Laporkan/Blokir”. Pada contoh kita akan memblokir akun milik Mark Zuckerberg *ups*.

2. sebuah pop-up akan muncul dan menanyakan tindakan apa yang akan Anda lakukan terhadap orang tersebut. Pilih “Blokir” kemudian klik tombol “Konfirmasi”.

Setelah mengikuti salah satu dari dua cara memblokir Facebook tersebut, kini Anda dapat bernafas lega karena tidak ada lagi teman yang menjengkelkan di Facebook. Setelah Anda memblokir maka secara otomatis teman Anda tidak akan bisa lagi melihat berbagai macam hal yang Anda submit di Facebook.

Selain itu mereka juga tidak akan bisa menandai Anda dalam sebuah post atau status, mengundang ke sebuah acara atau grup, dan melakukan chat. Melakukan blokir juga secara otomatis akan memutuskan hubungan pertemanan Anda, bahkan teman Anda tersebut tidak akan bisa menambahkan Anda sebagai teman kembali.

Lantas bagaimana caranya agar kita bisa berteman lagi? Cukup mudah, klik ikon gembok di bagian kanan atas akun Facebook Anda, kemudian pilih opsi “bagaimana cara membuat orang berhenti mengganggu saya” lalu pilih “Lihat semua pengguna yang diblokir”. Setelah itu hilangkanlah blokir pada teman Anda tersebut.

Namun ingat, setelah Anda menghilangkan blokir Anda tidak akan langsung berteman kembali dengan teman Anda tersebut. Oleh karena itu setelah menghapusnya dari daftar blokir, Anda harus mengirimkannya permintaan pertemanan kembali. Selamat Mencoba!