Cara Memasarkan Bisnis Online Anda Melalui Instagram Marketing

Instagram marketing telah terbukti mampu membuat produk Anda dilihat oleh banyak orang, brand Anda menjadi terkenal, penjualan meningkat drastis, dan Anda pun mendapatkan banyak uang dari penjualan tersebut.

Apakah Anda ingin seperti itu?

Sebagai salah satu jenis media sosial yang menekankan konteks visible, Instagram bisa membantu Anda untuk mewujudkan kalimat di atas.

Alasannya adalah …

Pada tahun 2016, pengguna aktif Instagram telah mencapai 500 juta orang. Bahkan terdapat 95 juta foto atau video yang diunggah setiap harinya.

Via Enterpreneur
Akan tetapi banyak orang menganggap bisnis on-line Instagram hanya cocok untuk jenis bisnis tertentu, seperti misalnya pakaian dan makanan.

Padahal jika Anda mengetahui cara iklan di instagram dengan benar,
maka Instagram bisa digunakan untuk menunjang kegiatan pemasaran bisnis apapun.
Cara Pasang Iklan di Instagram
Oke, sebelum masuk ke dalam tahap selanjutnya (tahap instagram advertising untuk mempromosikan produk bisnis), sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu bagaimana cara membuat akun instagram bisa digunakan untuk promosi.

Langkah-langkah beriklan di Instagram:

* Membuat akun Facebook Business Manager

Hal pertama yang perlu Anda persiapkan adalah akun FB Business Manager, karena Instagram secara tidak langsung berasosiasi dengan Facebook. Membuat akun FB Business Manager dapat Anda lakukan pada link ini: Facebook Business. Mudah kok cara buatnya, kalau belum silakan cari tahu terlebih dahulu bagaimana cara membuat akun FB Business Manager untuk beriklan di Facebook.

Wajib buat!

Tanpa akun ini Anda tidak akan bisa beriklan di Instagram.

* Klaim akun Instagram untuk digunakan sebagai tempat beriklan

Sudah selesai bikin akun FB Business Manager?

Langkah selanjutnya pada tahap cara iklan di Instagram adalah melakukan klaim.

Masuklah ke dalam menu pengaturan, kemudian pilih menu Instagram yang ditampilkan di sisi kiri. Lalu, masukkan akun Instagram Anda.

Pada tahap inilah, Anda baru bisa beriklan di Instagram dan mulai belajar Instagram advertising yang baik agar promosi bisnis tepat sasaran dan menghasilkan uang.

Memulai Instagram Marketing
Sebelum membahas lebih jauh tentang cara beriklan di Instagram, ketahui dulu beberapa hal dasar yang perlu Anda perhatikan.

1. Nama akun Instagram
Ketika membuat akun Instagram baru untuk bisnis online, pilih nama akun yang sesuai dengan bisnis Anda. Akan lebih baik jika brand Anda dijadikan sebagai nama akun.

Contoh nama akun:

* Sesuai dengan bisnis: Alat Renang dan Menyelam (@alatrenangdanmenyelam)
* Nama Brand: Selam Jaya (@selamjaya)

Tidak masalah meskipun Anda ingin menggunakan nama model sebagai nama akun. Karena, yang akan Anda lakukan adalah beriklan di Instagram, sehingga orang-orang bisa mengenal lebih mudah tentang bisnis apa yang Anda jalankan melalui iklan yang dipromosikan di Instagram Marketing.

2. Deskripsi Bio
Beberapa informasi penting mengenai bisnis Anda bisa ditambahkan ke dalam bio seperti:

* Deskripsi singkat,
* Kontak, dan
* Call-To-Action (CTA) menuju web site bisnis.

Banyak yang bilang, di dalam deskripsi akun bisnis Instagram akan lebih bagus lagi kalau pakai hashtag.

Nyatanya, tidak begitu. Justru akun bisnis yang menggunakan hashtag terlalu banyak di dalam deskripsi akan lebih terlihat seperti spam dan tidak berguna.

Maksimalkan saja untuk fokus pada 3 hal di atas.

3. Foto profil
Foto yang easy akan memudahkan pengguna lain untuk mengenali siapa Anda. Sebaiknya gunakan emblem bisnis atau gambar apapun yang berhubungan dengan bisnis.

Pastikan juga bahwa foto yang digunakan memiliki rasio 1:1 dengan ukuran one hundred fifty x a hundred and fifty pixel.

four. Konten foto dan video
Ini adalah bagian paling penting dari kegiatan Instagram marketing. Dengan banyaknya akun yang difollow seseorang, akan sulit bagi Anda untuk mencuri perhatian pembaca tanpa konten yang menarik.

Anda harus menampilkan dan menceritakan bisnis Anda dalam bentuk foto dan video yang unik.

5. Caption
Ternyata caption yang Anda tulis bisa memiliki pengaruh yang berbeda jika viewers-nya berbeda.

Anda bisa bereksperimen dengan menulis berbagai jenis caption dan kemudian melihat hasilnya melalui instruments tertentu (akan kami berikan nanti).

6. Hashtag
Hashtag akan membantu Anda untuk mengelompokkan foto dan video dalam kategori tertentu.

Hal ini juga akan memudahkan pengguna lain untuk menemukan bisnis Anda. Jadi manfaatkan hashtag sebaik mungkin.

Setelah mengetahui beberapa hal dasar dari Instagram, mungkin sekarang muncul pertanyaan apa hubungannya Instagram dan bisnis?

Bagaimana cara beriklan di Instagram?

Bagaimana caranya menggunakan foto dan video untuk menambah jumlah buyer?

Bab 3
Facebook Marketing
Facebook telah menjadi media pemasaran on-line yang efektif karena jumlah dan jenis pasar yang beragam. Bab ini membahas panduan lengkap cara promosi di Facebook.

Baca Kembali Bab Sebelumnya

Bab 5
Twitter Marketing
Dengan frekuensi informasi yang cepat, Twitter kini menjadi media pemasaran yang efektif dan up-to-date. Ikuti panduan cara menggunakan Twitter ini untuk bisnis on-line Anda!

Baca Bab Selanjutnya

Tips Menggunakan Instagram untuk Kegiatan Marketing
Pada dasarnya Instagram akan membawa bisnis Anda ke dalam platform aplikasi berbasis on-line dan menampilkannya dalam bentuk foto dan video yang menarik perhatian calon potential buyer.

Jika Anda mengetahui cara beriklan di Instagram dan mampu memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan oleh Instagram seperti publish, caption, hashtag, follower, bio dan lainnya, maka Anda akan menemukan ribuan buyer baru pada bisnis Anda.

Pelajari dan perhatikan tahapan Instagram Marketing serta beberapa suggestions beriklan di Instagram berikut agar bisa berjalan suskes :

1. Membangun komunitas melalui hashtag
Fungsi hashtag pada Instagram hampir sama dengan Twitter dan Pinterest, yaitu untuk menjangkau pengguna secara lebih luas.

Dengan menambahkan hashtag maka foto dan video yang diunggah memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk dilihat oleh orang lain.

Selain itu Anda juga bisa membentuk suatu komunitas melalui hashtag, yang kemudian bisa Anda gunakan untuk campaign Instagram ataupun keperluan lainnya.

Sebagai contoh adalah hashtag #appytraveling yang digunakan oleh Traveloka agar para pengguna Instagram dapat membagikan kisah travelling mereka.

Via Instagram
2. Bekerjasama dengan pihak luar
Anda pasti pernah melihat beberapa akun Instagram suatu brand sedang mempromosikan akun brand lainnya.

Hal ini tentu saja bertujuan untuk meningkatkan jumlah follower mereka masing-masing.

Jika akun Anda dipromosikan oleh pihak lain, maka bisa jadi follower mereka yang belum mengikuti Anda akan tertarik membuka akun Anda. Tapi pastikan bahwa pihak tersebut memiliki kemiripan atau fokus bisnis yang sama dengan Anda.

Ini tentu memerlukan koneksi yang besar, Anda harus membayar beberapa akun milik orang lain (buzzer) untuk promosi di Instagram tentang bisnis Anda.

Butuh jasa iklan di instagram untuk mendulang sales? Itu bisa juga dilakukan.

three. Relevansi antara development, follower, dan bisnis
Sebagai pemilik bisnis, Anda akan berpikir tentang publish seperti apa yang akan disenangi oleh orang lain. Namun perlu diperhatikan juga pattern yang sedang populer di lingkungan masyarakat.

Jika sudah mengetahui kedua hal tersebut maka carilah relevansi keduanya dengan bisnis online Instagram Anda, kemudian tampilkan dalam bentuk foto atau video.

four. Mengunggah submit terbaru secukupnya
Memperbaharui submit setiap jam sekali pada akun Twitter akan terlihat wajar. Sama halnya dengan mengunggah ratusan foto di Facebook pada waktu bersamaan, karena foto yang ditampilkan di halaman beranda akan menjadi satu album.

Namun jangan melakukan hal seperti itu dengan Instagram.

Jika Anda terlalu sering mengunggah foto atau video, maka akun follower Anda akan menjadi penuh. Hal ini akan membuat mereka kesal dan akhrinya memutuskan untuk unfollowakun Anda!

Gunakan fitur Carousel untuk beriklan di Instagram untuk memasukkan lebih dari satu foto di dalam 1 iklan.

5. Cari sesuatu yang bisa ditampilkan dari bisnis Anda
Ada banyak pemilik bisnis yang masih berpikir bahwa Instagram hanya digunakan oleh bisnis makanan dan pakaian saja.

Pada kenyataanya semua jenis bisnis bisa ditampilkan dalam bentuk foto atau video, namun cara menyampaikannya saja yang sedikit berbeda. Oleh sebab itulah, Saya ingin membagikan suggestions belajar Instagram advertising ini.

Misalnya Sribulancer yang menyediakan berbagai jasa freelancer bisa menampilkan situasi assembly di kantor, testimonial, atau ideas-ideas untuk para freelancer.

6. Memanfaatkan semua instruments yang ada
Sejak pertama kali dirilis, Instagram selalu menambah berbagai macam fitur baru untuk memudahkan penggunanya.

Anda bisa melakukan berbagai macam hal dengan Instagram seperti mengedit foto, mengunggah video, mengetahui performa atau kualitas dari setiap post, beriklan untuk bisnis dan masih banyak lagi.

Jika semuanya dimanfaatkan, maka Instagram advertising akan berjalan sebagaimana mestinya.

7. Mencari inspirasi dari akun lain
Berbicara tentang cara beriklan di Instagram dan cara dapat uang dari Instagram, Anda bisa mempelajari caranya dari beberapa akun Instagram yang kreatif.

Tapi jangan mencontek sepenuhnya, lakukan modifikasi!

Semakin banyak mencari inspirasi maka akan bermunculan ide-ide baru yang bisa Anda lakukan seperti jenis-jenis submit yang menarik, cara menulis caption, menentukan hashtag dan mengadakan suatu marketing campaign.

eight. Berinteraksi dengan semua pengguna
Saya merasakan susahnya memiliki akun Instagram dari nol.

Sulit sekali untuk membuat orang sadar bahwa bisnis saya eksis di Instagram…

… oleh karena itu perlu dilakukan promosi di Instagram melalui interaksi dengan semua pengguna.

Anda bisa melakukannya dengan cara paling tradisional yaitu dengan menuju ke akun Instagram yang memiliki jenis usaha mirip dengan Anda (atau setidaknya yang memiliki followers yang menjadi target market Anda).

Di sana meninggalkan komentar ataudirect messageakun-akun yang menurut Anda akan tertarik dengan produk/servis yang Anda jual.

Sekarang Anda sudah mengetahui cara-cara dasar menggunakan Instagram untuk bisnis.

Tips di atas setidaknya akan membantu Anda untuk membantu akun bisnis Anda untuk mulai mendapatkan uang dari Instagram.

Jika sudah menerapkan ideas tersebut namun tidak menghasilkan apapun, mungkin ada sesuatu yang salah dengan jadwal post yang diunggah.

Kapan Waktu yang Tepat Upload Post di Instagram?
Karena Instagram dapat diakses melalui smartphone, maka pengguna dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun.

Akan tetapi, algoritma terbaru yang diterapkan oleh Instagram tidak membuat post Anda muncul sebagai latest post pada akun milik orang lain.

Instagram mengurutkannya berdasarkan apa yang paling ingin dilihat oleh penggunanya. Jadi submit Anda bisa muncul kapan saja, bergantung pada seberapa sering mereka mengakses atau berinteraksi dengan konten Anda.

Meskipun demikian …

Waktu yang paling tepat untuk mengunggah publish Instagram adalah pada hari Senin hingga Kamis. Anda dapat mengunggahnya pada pukul berapapun kecuali pukul 3:00 hingga four:00 sore (pm).

Via Hubspot
Sedangkan untuk konten video memiliki performa yang baik meskipun diunggah setiap hari, terutama pada waktu malam sekitar pukul 9:00 malam hingga eight:00 pagi.

Inilah kenapa video menjadi salah satu alat Instagram marketing yang paling ampuh.

Beberapa pemilik bisnis bahkan memiliki waktu tertentu yang dianggap baik untuk mengunggah publish Instagram, yaitu pada pukul 2:00 pagi, 5:00 sore, dan Rabu 7:00 malam.

Nah, apakah selama ini Anda sudah memperhatikan waktu yang tepat untuk mengunggah submit pada Instagram?

Jika belum, sebaiknya Anda mulai melakukan ekperimen mengenai timing tersebut. Anda bisa melihat efektifitasnya berdasarkan jumlah komentar dan like.

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan dalam cara beriklan di Instagram adalah mengenai cara penentuan hashtag.

Bagaimana Cara Menentukan Hashtag yang Benar?
Hashtag adalah salah satu bagian penting dalam cara beriklan di Instagram.

Jika akun bisnis Anda tidak memperhatikan hashtag pada setiap postingannya, maka sangat sulit sekali untuk menjangkau buyer baru.

Infografik di bawah ini menjelaskan rata-rata engagement yang akan diperoleh dari penggunaan hashtag pada Instagram:

Via Enterpreneur
Untuk menentukan hashtag yang benar, Jenn Herman memberikan 5 strategi hashtag yang sukses bagi pemilik bisnis:

1. Hashtag yang relevan dengan keyword
2. Jangan terlalu banyak hashtag
three. Hashtag yang berhubungan dengan fokus bisnis
four. Kombinasi antara hashtag well-liked dan khusus
5. Membuat list hashtag

Kelima poin di atas akan sangat berguna bagi akun Instagram yang memang khusus untuk kegiatan bisnis.

Tagging foto atau video dengan #tagsforlikes atau #followforfollow tentunya tidak akan bagus bagi bisnis Anda.

Bahkan menggunakan terlalu banyak hashtag juga belum tentu hasilnya bagus, justru membuat brand Anda memiliki reputasi yang buruk.

Tools yang Memaksimalkan Instagram Marketing
Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pemilik bisnis online Instagram adalah sulitnya mengurus submit, komentar, atau statistik dari aktivitas akun Anda.

Namun beberapa aplikasi berikut akan sedikit memaksimalkan Instagram advertising:

1. Crowdfire
Crowdfire akan memudahkan Anda dalam mengelola follower Instagram. Dengan aplikasi ini Anda bisa mengetahui siapa saja yang menjadi follower Anda.

Fitur utama Crowdfire:

1. Non-followers – Mengetahui siapa saja yang tidak observe akun Anda
2. Copy followers – Follow pengguna yang observe akun lain
3. Fans – Melihat daftar follower yang belum Anda follow
four. Who unfollowed me – Melihat siapa saja yang melakukan unfollow
5. Who followed me – Mengetahui daftar follower terbaru

Alat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin fokus belajar Instagram advertising untuk mempromosikan bisnis.

2. Social Insight
Social Insight menyediakan analisis secara mendalam untuk akun Instagram dan bisa juga digunakan untuk a number of akun.

Fitur utama Social Insight:

1. Best Time To Post – Mengetahui waktu terbaik untuk mengunggah post
2. Over 28 Analytical Data Points – Mengetahui knowledge tentang peningkatan atau penurunan jumlah follower, engagement, filter dll.
3. Link Multiple Accounts – Menghubungkan lebih dari satu akun untuk dianalisis

3. Later
Later memungkinkan penggunanya untuk melakukan jadwal submit di waktu mendatang. Ketika mendekati waktu schedule, Anda akan mendapatkan notifikasi untuk mengunggah submit.

Fitur utama Later:

1. Plan & Schedule Posts – Jadwalkan publish lengkap dengan captionnya
2. Search & Repost – Mencari konten dari web dan kemudian mengunggahnya
three. Add Team Members – Menambah anggota tim untuk mengurus akun Instagram

4. Repost
Seperti namanya, aplikasi ini memang dikhususkan untuk melakukan repost pada akun Instagram.
Fitur utama Repost:

1. Bookmark Photos – Menandai foto yang nantinya ingin Anda repost
2. Search – Mencari foto dan video berdasarkan hashtag
three. One Tap Repost – Repost otomatis secara mudah

Nah, empat aplikasi penunjang Instagram advertising di atas akan mempermudah Anda atau tim Anda dalam memaksimalkan aktivitas di Instagram.

Dengan kombinasi penggunaan tools secara efektif dengan teknik yang tepat, akan terasa sekali manfaat dari Instagram marketing yang Anda jalankan.

Membuat Campaign atau Kontes di Instagram
Salah satu meningkatkan performa marketing dari Instagram adalah dengan membuat sebuah campaign atau kontes.

Namun menyusun strategi agar marketing campaign tersebut berjalan sukses tidak bisa dibilang mudah. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan.

Untuk memudahkan Anda dalam menjalankan marketing campaign atau kontes di Instagram, lakukan beberapa hal berikut ini:

1. Merencanakan tujuan
Apakah Anda ingin membangun model, menambah jumlah follower, atau memiliki tujuan lainnya yang ingin dicapai?

Dengan adanya tujuan yang telah direncanakan dengan jelas, maka Anda dapat menilai apakah campaign yang sedang dijalankan oleh bisnis online Instagram Anda sukses atau gagal pada akhirnya.

2. Menentukan alur atau metode
Meskipun kebanyakan campaign pada Instagram menyuruh pesertanya untuk mengunggah foto atau video pada akun mereka, Anda bisa membuat campaign dengan alur atau metode yang berbeda.

Namun pastikan bahwa pentunjuk yang Anda buat dimengerti oleh para peserta campaign atau contest.

3. Menentukan tema yang jelas
Karena Instagram berbasis foto dan video maka sebaiknya Anda menentukan tema konten yang harus diunggah.

Hal ini bertujuan agar para peserta mengetahui jenis foto atau video seperti apa yang harus mereka buat.

four. Memilih hashtag yang sempurna
Hashtag yang sempurna adalah kunci kesuksesan dalam sebuah marketing campaign.

Anda tidak mungkin menggunakan hashtag yang sama atau yang pernah digunakan oleh orang lain, karena itu akan membuat Anda bingung ketika melakukan monitoring campaign dan juga menentukan pemenang.

Sebaiknya gunakan hashtag yang unik, sederhana dan sesuai dengan tema marketing campaign.

5. Kriteria calon pemenang
Sebelum memulai campaign sebaiknya ditentukan terlebih dahulu kriteria calon pemenang campaign.

Apakah berdasarkan jumlah likes, keindahan foto, keunikan caption atau lainnya?

Kriteria ini juga sebaiknya diberitahukan kepada para peserta sehingga marketing campaign yang Anda buat bisa dianggap adil.

6. Memilih hadiah yang menarik
Tidak bisa dipungkiri bahwa sesorang akan mengikuti sebuah perlombaan karena tertarik dengan hadiah yang diberikan.

Oleh karena itu pilihlah hadiah yang menarik namun tetap sesuai dengan price range Instagram marketing yang Anda miliki.

7. Menulis syarat dan ketentuan
Jangan lupa untuk menulis syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi oleh para peserta campaign pada bisnis on-line Instagram Anda.

Syarat dan ketentuan ini juga dapat melindungi Anda dari hal-hal yang tidak dinginkan seperti protes dari peserta, atau mereka yang tidak menerima kekalahan.

8. Melakukan promosi
Salah satu cara agar orang lain mengetahui bahwa Anda sedang mengadakan suatu marketing campaign adalah dengan melakukan promosi.

Gunakanlah jasa buzzer(bisa seperti selebriti, model, atau teman Anda yang memiliki followers yang banyak atau influence yang besar di Instagram) untuk mempromosikan campaign yang sedang Anda buat.

9. Monitoring marketing campaign
Anda perlu mengetahui efektifitas dari promosi yang Anda lakukan. Hal ini bisa dilihat dari jumlah peserta yang mengikuti campaign pada bisnis online Instagram Anda.

Selain itu monitoring juga bisa Anda lakukan dengan melihat konten-konten yang dikirim oleh para peserta.
Sekarang Anda sudah mengetahui bagaimana caranya mengadakan campaign di Instagram, terutama untuk menunjang kegiatan bisnis.

Dengan adanya campaign ini maka secara tidak langsung jumlah follower Anda akan bertambah dan engagement juga meningkat.

Bertambahnya jumlah followers tentu akan membantu Anda meningkatkanbrand awarenessdan penjualan bisnis Anda.

Beberapa Contoh Campaign di Instagram
Jika Anda masih ragu untuk mengadakan campaign di Instagram, coba perhatikan beberapa marketing campaign atau contest pada Instagram yang telah dibuat oleh beberapa brand terkenal berikut ini:

1. Starbucks – #WhiteCupContest
Starbuck yang terkenal dengan minuman kopinya, menantang pelanggannya untuk mendesain ulang gelas plastik berwarna putih yang biasa digunakan oleh Starbucks.

Para peserta harus mendesain cup sekreatif mungkin dan kemudian mengunggahnya pada akun mereka dengan menambahkan #WhiteCupContest.

Desain cup yang dibuat oleh pemenang contest ini nantinya akan dijadikan sebagai reusable cup edisi terbatas yang akan dijual di kedai Starbucks.

Hanya dalam waktu tiga minggu, ternyata ada lebih dari dari 4.000 peserta telah mengikuti tantangan ini.

Via Starbucks News
2. Applebee’s – #Fantographer
Applebee’s mengajak para pengguna Instagram untuk memotret makanan mereka dan kemudian mengunggahnya dengan hashtag #Applebees dan #Fantographer.

Ada beberapa syarat yang harus dilakukan oleh peserta dalam mengikuti campaign ini seperti misalnya harus menonton video dan mendaftar terlebih dahulu melalui website.

Foto yang diunggah oleh para peserta nantinya akan memiliki kesempatan untuk direpost oleh akun Instagram Applebee’s.

Selama marketing campaign ini berlangsung, follower Applebee’s meningkat hingga 32% dan engagement meningkat hingga 25%.

Via Business2Community
Sekarang Anda sudah mempelajari banyak hal mengenai cara beriklan di Instagram, kan?

Mulai dari hal dasar hingga membuat marketing campaign atau contest di Instagram.

Pada kenyataannya, Instagram sebenarnya bisa digunakan oleh semua jenis bisnis tapi cara penyampaiannya saja yang berbeda.

Jika produk Anda tidak bisa ditampilkan dalam bentuk foto atau video, maka tampilkan sisi lainnya seperti proses produksi, orang-orang di belakang layar, sesuatu yang berhubungan dengan bisnis Anda, kata bijak (quotes), dan bahkan lainnya.

Selama proses promosi di Instagram dilakukan dengan benar, maka akun bisnis on-line Instagram Anda akan mampu meningkatkan penjualan produk secara maksimal!

Selamat menerapkannya!

Bab three
Facebook Marketing
Facebook telah menjadi media pemasaran on-line yang efektif karena jumlah dan jenis pasar yang beragam. Bab ini membahas panduan lengkap cara promosi di Facebook.

Baca Kembali Bab Sebelumnya

Bab 5
Twitter Marketing
Dengan frekuensi informasi yang cepat, Twitter kini menjadi media pemasaran yang efektif dan up-to-date. Ikuti panduan cara menggunakan Twitter ini untuk bisnis on-line Anda!

Baca Bab Selanjutnya