Cara Jualan Online Di Facebook Bagi Pemula

Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula,Facebook masih berkembang dengan pesat dari tahun ke tahun sampai hari ini.

Diperbarui Februari 2020,

apalagi pengguna indonesia, meski banyak yang pindah ke media sosial lain, tapi pengguna facebook dari Indonesia masih bertambah. Kalau kamu sering menggunakan Facebook pasti tahu.

dan lebih lagi fb kini sudah memprioritaskan untuk advertising. strategi marketing juga banyak mengalami perubahan. ada banyak tutorial Facebook advertising yang mungkin efektif 2-3 tahun lalu tapi kemungkinan besar kini sudah tidak berlaku lagi.

kalau ngomong seputar Facebook advertising, yang kita fikirkan adalah iklan iklan dan iklan. atau kita menyebutnya: fb adverts.

apakah kamu juga demikian? atau bahkan sudah menggunakan jasa iklan di fb?

memanfaatkan jasa iklan di facebook memang efektif untuk meningkatkan penjualan. sangat efektif.

tapi, ada beberapa hal yang harus kita siapkan dulu sebelum kita memasang iklan di facebook. dan ini sangat penting.

dan pada pembahasan kali ini kita akan lihat apa saja persiapannya. bagaimanacara jualan on-line di facebook bagi pemula,cara posting jualan di facebook,cara jualan online di fb tanpa modal,cara jualan on-line laris di facebook,cara berjualan di fb market,cara memasarkan produk di fb,rahasia jualan laris di facebook,kisah sukses jualan di facebook,cara bisnis online di facebook.

kita akan cari tahu langkah apa saja yang harus dilakukan dalam di dunia pemasaran Facebook modern, dilansir dari PanduanIm, supaya strategi kamu jadi sempurna dan penjualan cepat meningkat.
Daftar Isi Tulisan

1. Melihat dan Meniru Hal yang Efektif
2. Buat Halaman yang Menarik dengan tips berikut
3. Target Audiens Spesifik
four. Bangun Website untuk Facebook
5. Bikin post yang baik di FB
6. Aktif di grup yang Cocok dengan Produkmu
8. Optimasi Page
9. Gunakan Facebook Ads
10. Lakukan delicate sell

1. Melihat dan Meniru Hal yang Efektif
biasanya, Orang yang baru terjun ke Facebook advertising biasanya langsung main kasar.

Maksudnya, mereka masih belum tahu apa-apa tentang Facebook. Apa yang harus dilakukan, apa yang disukai orang lain, apa yang efektif untuk jualan on-line mereka.

belum apa-apa sudah buat banyak submit, belum apa-apa sudah pasang iklan fb.

apakah kamu melakukan seperti demikian?
pasti hasilnya tidak efektif.

Maka dari itu, cara yang terbaik adalah lihat dulu apa yang efektif dalam penjualan on-line by way of fb kemudian tirulah.

carilah kompetitor atau penjual lain yang menjual barang yang sama dengan kamu. boleh juga halaman facebook.

contoh, kamu menjual baju di facebook, maka carilah penjual baju lainnya atau halaman fb yang menjual baju.

cari yang paling populer atau paling laris. dan cari sebanyak-banyaknya.

kamu bisa melihat jumlah followernya yang banyak atau like dan komentar yang banyak.

1. Jenis publish seperti apa yang mendapat banyak like
2. Seberapa sering mereka menerbitkan postingan baru
three. Pada jam berapakah publish banyak mendapat like
four. Bagaimana Foto, cowl, dan kelengkapan profil lainnya

dan strategi lainnya yang membikin mereka terlihat berkualitas.

nah, kalau kamu sudah menemukan banyak hal baru yang efektif dalam penjualan on-line-mu, barulah kamu bisa membuat iklan. kamu bisa menargetkan orang-orang yang tertarik dengan pesaing-pesaing tersebut.

Dengan begitu, kalau kamu pasang iklan di fb iklannya jadi tepat sasaran dan juga akan lebih murah.

2. Buat Halaman yang Menarik dengan tips berikut

Di Facebook, halaman atau page itu seperti toko bagi penjual.

Kalau tokonya tidak menarik dan tidak terpercaya, tidak akan ada yang datang. paling hanya melihat-lihat saja.

apakah kamu masih belum punya halaman facebook?

pertama, silahkan masuk klik link membuat Facebook Page.

Kemudian pilih kategori yang sesuai. kamu bisa pilih kategori ‘bisnis atau merk’ untuk jualan. lengkapi profilnya dan isikan dengan serius dan asyik.

kembali ke poin nomer satu tadi, lihatlah hal yang efektif dari pesaing.

kedua, jadikan nama brand (nama toko/merk) sebagai nama halaman. ini untuk membangun sebuah brand kamu sendiri.

Jangan gunakan nama dari jenis produk atau layanan.

Singkat dan mudah diingat.

ketiga, lengkapi profil mulai dari URL Web (kalau ada), deskripsi, foto, cover, dan lainnya.

3. Target Audiens Spesifik

Dalam dunia pemasaran online mana pun, menargetkan satu kelompok audiens jauh lebih efektif daripada terlalu umum. karena akan sulit membuat strategi ampuh yang cocok sama semua kalangan.

Ini akan berpengaruh saat kamu membuat konten.

biasanya kesalahan fatal yang dilakukan adalah menggunakan bahasa yang kurang pas untuk target audiens.

kamu menjual barang yang digemari oleh kalangan muda.

Tapi di Facebook kamu membikin submit yang ditujukan untuk orang tua. Misalnya menggunakan bahasa yang terlalu kaku, tidak gaul, atau tidak ada gambar lucu.

Intinya, kita harus menyediakan publish yang pas dan menarik buat goal audiens kita sendiri. hal yang disukai oleh target audiens termasuk bahasa dan gambar.

4. Bangun Website untuk Facebook

mungkin ini akan sulit bagi pemula, tapi inilah hal yang lebih penting daripada punya halaman di facebook.

menerapkan strategi pemasaran on-line tanpa web site itu seperti promosi yang sia-sia dan bunuh diri secara perlahan.

belajarlah membuat web site yang nantinya akan digunakan sebagai wadah audiens kamu menemukan information terbaru dan lainnya.

kalau kamu lihat, pesaing yang paling populer dari bisnis yang kamu jalankan semuanya punya website.

5. Bikin publish yang baik di FB

untuk pemula, membuat publish yang terlalu banyak di fb dalam sehari hasilnya malah kurang efektif.

Post yang banyak, misal lebih dari 2x sehari, akan mendapatkan like dan komen lebih sedikit.

dalam sehari, sulit untuk bikin banyak publish yang semuanya berkualitas

jadi, daripada pusing bikin banyak publish, mending bikin submit yang berkualitas meskipun sama-sama pusing.

bagaimana publish yang berkualitas? ini tipsnya:

Pertama, sebaiknya tidak hanya berupa teks, tapi dilengkapi dengan gambar, video, atau link. karena tidak menarik, Orang cenderung melewatkan submit yang hanya berisi teks.

Selain itu, sulit menyampaikan tujuan post dengan teks saja.

Jadi usahakan bikin publish dengan media tambahan.

Kedua, upload video langsung di fb. kalau kamu membikin publish berupa video, maka hindari menaruh hyperlink video dari YouTube. facebook akan mencekal postingan yang demikian.

ketiga, submit dengan gambar yang menarik dan jelas.

bikin ukuran gambar persegi supaya menarik. gunakan ukuran gambar minimum 472×394 px Lebih tidak masalah.

6. Aktif di grup yang Cocok dengan Produkmu

gunanya adalah agar kamu lebih dikenal dengan goal audiens yang tepat.kalau kamu masih pemula, kamu tidak mungkin langsung dikenal oleh orang lain. Untuk itu kamu bisa membuat orang lain mengenal kita dengan cara masuk ke tempat yang banyak orangnya.

semisal kamu menjual baju, maka usahakan masuk dan aktif di grup-grup yang membahas tentang baju. di sana kamu akan menemukan hal apa saja yang banyak dicari dan diminati oleh orang lain yang menyukai baju.

ini ciri-ciri grup yang berkualitas:

Sering muncul tanya jawab

banyak like dan komentarnya

Tidak ada submit yang tidak keluar jalur

jangan langsung promosi di sana. Jangan pernah.

kalau kamu sudah masuk ke grup yang berkualitas, grup tersebut akan selalu diawasi oleh adminnya. kalau kamu masih member baru, dan langsung promosi, kamu akan dicap tidak sopan dan terkadang spam.

biasanya kamu akan langsung ditendang keluar grup. dan sekali keluar, kamu tidak akan bisa gabung lagi ke grup itu.

Yang harus kamu lakukan adalah berbagi hal yang bermanfaat seperti informasi, panduan, dan bacaan. lakukan kurang lebih selama 1-5 hari pertama, tanpa link satupun.

Setelah beberapa hari dan dikenal, barulah ajak mereka untuk like web page atau halaman kamu.

7. Analisa Performa Halaman

kalau kamu sudah rutin membuat publish di web page DAN berpartisipasi di grup, halaman akan mulai mendapatkan interaksi.

kamu akan tahu mana submit yang mendapatkan banyak like, komentar, dan share, dan mana yang sedikit.

itulah yang harus kamu pelajari.

buatlah postingan yang menarik buat audiens untuk bisa mendapatkan banyak like, share, komentar, pengunjung, dan pembeli.

atau disebut dengan analisa.

di halaman fb bisa kamu cek di ‘Insights’. di tab tersebut kamu akan tahu banyak informasi yang perlu diketahui.

beberapa hal ini yang perlu kamu analisa:

Hari apa follower banyak yang online

Jam berapa mereka sering interaksi

Post mana yang banyak reach dan engagement

Post mana dari saingan yang banyak engagement

Untuk knowledge dari saingan, silahkan masuk ke menu ini web page saingan

Setelah kamu punya bahan efektif tadi, sekarang kamu bisa menyusun rencana konten untuk ke depannya.

perhatikan three hal penting ini:

1. Jangan terlalu fokus membuat konten
2. cari kata kunci yang persaingannya rendah
three. Selalu pasang link menuju web site

intinya jangan optimasi berlebihan dan jangan terlalu bergantung dengan site visitors dari mesin pencari. karena fb berbeda dengan google

ini beberapa tipsnya:

1. Jangan ‘increase’ postingan yang sudah kamu terbitkan, tapi bikin darkish submit melalui power editor.
2. Gunakan gambar yang relevan dan menarik
three. Gunakan audiens dari halaman pesaing sebagai goal
four. Targetkan audiens spesifik mungkin.
5. Pasang remarketing pixel dan conversion tracking pixel di website
6. Pelajari copywriting
7. Selalu beritahu apa yang audiens harus lakukan seperti klik, beli, download.
8. utamakan news feed adverts, Kalau dana pengiklanan kecil
9. Sebaiknya hindari langsung berjualan, tapi berikan dulu mereka manfaat

salah satu kesalahan dalam media sosial advertising adalah ingin langsung berjualan.

mengapa?

karena pengguna yang aktif di Facebook umumnya bukan untuk membeli sesuatu. dan Facebook Ads memang bukan untuk menghasilkan penjualan.

dapatkan kontak dari audiens yang tertarik dengan produk atau layanan kamu. Meskipun mereka masih belum membeli.

dan buatlah hubungan yang mesra dengan mereka melalui kontak yang sudah ada. dan dari itu, ketika mereka ingin membeli jenis produk yang kamu jual pada suatu hari, mereka akan lebih mudah mengingat pada-mu.

itu tadiCara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula,10 langkah untuk promosi di Facebook. semoga bermanfaat dan sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya.