Cara Jualan Makanan Di Facebook Biar Laris Manis

/ /Cara Jualan Makanan Di Facebook Biar Laris Manis

Jualan makanan di Facebook ternyata bisa dijadikan sebagai usaha rumahan atau bisnis sampingan yang cukup menguntungkan.

Berbagai jenis makanan bisa di jual via Facebook, termasuk makanan yang memiliki daya simpan singkat. Ada beberapa alasan kenapa Facebook sangat cocok dijadikan sebagai tempat jualan makanan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Tempat Nongkrong Sekaligus Marketplace
Alasan kenapa harus menggunakan market adalah mesin pencari Facebook kini lebih berorientasi untuk menampilkan hasil penelusuran berdasarkan wilayah terdekat.

Meskipun sedang asik nongkrong, tak sedikit juga orang yang menyempatkan buka market. Dan pada saat itulah produk anda mendapatkan kesempatan untuk dilirik oleh calon konsumen baru.

Kesempatan Viral
Dari teman ke teman dan teman-temannya, itulah yang bisa menjadikan sebuah produk bisa viral di Facebook. Coba pelajari dan tangkap momen serta peluang untuk bisa viral.

Syarat untuk viral pertama harus terkenal! Mulai sekarang anda bisa memikirkan kira-kira makanan apa yang bisa viral?

Tersedia Fasilitas Iklan Sederhana Hingga Profesional
Iklan sederhana mencakup semua aktifitas yang anda lakukan ketika berjualan di Facebook (posting, berbagi di group, berbagi ke teman-teman terdekat, dan sebagainya).

Selain itu anda juga bisa memanfaatkan Facebook Ads untuk mempromosikan makanan anda dengan cara yang lebih profesional.

Pertanyaanya apakah itu mungkin dan lumrah dilakukan? Kenapa tidak asalkan anda punya strategi dan target yang ingin dicapai.

Yang harus di ingat bahwa Facebook Ads memiliki banyak fitur termasuk target audience (calon konsumen) yang ingin dijadikan sasaran. Bukan mustahil anda bayar Facebook Ads agar tampil di wilayah tertentu, jam tertentu dan hari tertentu pula.

Baca Juga Artikel :

Nah, jika selama ini anda bingung bagaimana cara memulai jualan makanan di Facebook, mulai sekarang anda harus lebih semangat dan lebih jeli lagi dalam menangkap peluang, apalagi setelah melihat berbagai kelebihan Facebook seperti yang disebutkan di atas, agar laris manis berikut ini adalah tipsnya.

Manfaatkan Marketplace
Fitur ini gratis, jadi jangan sia-siakan. Meskipun anda sudah rajin posting di wall FB, tambah juga posting di market agar jangkauan konsumen anda semakin melebar.

Jangan Asal Add Seseorang
Meskipun tujuannya baik, tapi percuma kalau asal tambah teman kalau tidak tertarget. Sebelum add friend sebaiknya pelajari dulu siapa dan seberapa potensial dia untuk anda anggap sebagai calon konsumen.

Live-kan!
Tidak menutup kemungkinan ada juga pelanggan yang penasaran terkait aktifitas dapur anda. Kalau memang itu mungkin, anda bisa melakukan siaran langsung ketika sedang memasak atau mengolah makanan yang anda jual.

Jika anda mampu memberi kesan positif, seperti higienitas, kebersihan lingkugan, dan kebersihan alat maka itu akan menambah kepercayaan buyers.

Manfaatkan Group-Group Lokal
Target produk makanan adalah siapa saja dan kapan saja. Anda bisa memanfaatkan semua group lokal yang ada untuk memasarkan dagangan. Tapi ini tidak bisa dilakukan secara sembrono. Tanya dulu kepada empunya group dan bila dibolehkan anda bisa langsung beraksi.

Respon Adalah Segalanya
Respon bisa berupa komentar, like, share ataupun pesan privat lewat inbox. Jangan sia-siakan semua respon pembeli, entah apapun itu bentuknya. Lebih bagus jika anda langsung comply with up semua respon pembeli, positif ataupun negatif.

Jangan Salah Gunakan Tombol Share
Jangan asal tekan tombol share karena itu bisa jadi spam bagi pihak lain. Hakikatnya share terbaik adalah yang dilakukan secara natural oleh konsumen karena mereka merasa puas dan ingin berbagi.