Cara Jualan Laris Di Facebook Marketplace

Pengguna social media Facebook di indonesia sangat tinggi bahkan fb menjadi situs terpopuler nomor 1. Sehingga banyak yang memanfaatkan fb sebagai media promosi jualan baik menggunakan fb ads atau yang belum lama ini adalah marketplace facebook. Fitur baru facebook ini memberikan sebuah halaman dimana pengguna fb dapat melakukan jual beli seperti sebuah pasar maka dinamakan market. Di artikel Rajamarketplace kali ini akan membahas bagaimana cara beriklan dan suggestions berjualan di fb market.

Untuk membuka facebook marektplace ini anda bisa buka di alamat/market

Klik pada Buat Tawaran Baru
Pilih jenis barang atau jasa yang anda tawarkan. Sebagai contoh saya mau jual produk kacamata maka saya pilih Barang Dijual

Upload gambar produk kemudian masukan judul produk, harga , keterangan , lokasi , jika sudah di isi semua klik Selanjutnya

Terus anda bisa pilih mau di tawarkan ke halaman market atau bisa di kabar berita. Dan anda bisa juga bagikan posting fb marektplace anda ke grub fb yang sudah anda join. Bisa pilih lebih dari satu grub.

Iklan tidak akan langsung tampil menunggu iklan di tinjau oleh pihak facebook.

Anda juga bisa menaikan kembali iklan yang sudah anda terbitkan agar tampil kembali di atas dengan cara klik titik tiga > Perbaharui Postingan .Bisa dilakukan setiap 7 hari sekali.

Biar jualan anda makin laris dan aman berikut saya berikan Tips berjualan di market facebook

* Gunakan foto original, karena customer di facebook lebih suka real foto alias foto asli daripada foto hasil editan.
* Jual barang dengan range harga 50. .000
* Hindari produk dengan goal market bocah contohnya produk perlengkapan game.
* Foto yang pure tanpa edit dengan background putih yang penting gambar jelas dan pencahayaan cukup.
* Ganti foto produk yang tampil paling depan secara berkala misal 3 hari sekali.
* Buat banyak akun fb agar bisa berjualan lebih banyak produk dan lokasi.
* Jangan menampilkan nomor contact atau web site karena akan di tolak iklanya oleh facebook. Anda bisa memberikan kontak saat chat langsung dengan buyer.
* Customer di facebook nanti akan banyak yang meminta COD atau bayar di tempat karena faktor ketidakpercayaan dan menghindari switch langsung. Jika anda malas untuk melakukan COD bisa arahkan ke marketplce seperti Tokopedia, Bukalpak, Shopee. Atau bekerjasama dengan kurir yang assist COD seperti Ninja, POS, dan SAP
* Berikan deskripsi produk yang lengkap sehingga bisa mengurangi pertanyaan dari customer.
* Bagikan sebanyak-banyaknya iklan anda ke grub facebook.
* Ganti titik koordinat peta secara berkala
* Lakukan Perbaharui Postingan setiap 7 hari sekali agar produk selalu muncul di atas.
* Tambahkan lokasi di setiap iklan anda, bisa target kota yang paling banyak mencari produk yang anda jual. Caranya cari di google trend masukan produk anda pada kolom nanti akan muncul kota mana saja yang paling banyak pencarian produk anda.

Itulah tadi pembahasan seputar facebook marketplace , sayangnya belum ada sistem pembayaran pihak ketiga seperti escrow yang menjembatani transaksi antara pembeli dan penjual seperti di marketplace tokopedia , bukalapak , dan shopee. Sehingga masih banyak customer yang menginginkan transaksi secara langsung atau harus bertemu langsung. Untuk itu perlu berhati-hati jika anda melakukan transaksi di fitur facebook yang satu ini.

Sebaiknya sebelum beriklan anda bisa baca dulu peraturan dalam beriklan di facebook agar akun anda tidak di banned sehingga ngga bisa pasang iklan di market lagi./policies/commerce/