Beberpa Manfaat Menabung supaya Tidak menyesal dihari Tua

 

Menabung adalah kegiatan yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Jika menabung tidak benar-benar diterpakan dengan baik, maka uang yang kita tabung tidak akan terkumpul secara maksimal. Menabung bisa kita lakukan dengan cara manual atau menabung sendiri di rumah, dan bisa kita menabung di bank dengan dua pilihan deposito atau tabungan biasa. Tentunya ada perbedaan deposito dan tabungan, keduanya dapat kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita mendatang.

Tidak ada yang rugi ketika kita menabung, bahkanmenabung memiliki beberapa manfaat bagi kita dimasa sekarang maupun dimasa yang akan datang. Supaya kita lebih giat lagi dalam menabung, sebaiknya ketahui beberapa manfaat dalam menabung di bawah ini.

1. Belajar Hidup Hemat

Manfaat menabung yang pertama adalah mengajarkan kita untu hidup hemat, karena dengan menabung, kita akan menyisihkan sebagian uang kita dan tidak menghambur-hamburkan uang yang kita miliki untuk memenuhi keinginan yang tidak terlalu penting.

2. Melatih Kedisiplinan

Menabung juga dapat melatih kedisiplinan kita, karena kita harus patuh terhadapt aturan-aturan bank jika kita menabung di bank. Selain itu kedisiplinan harus benar-benar kita  terapkan supaya bisa mencapai uang yang kita targetkan. Sebagai contoh, setiap bulan kita harus bisa menabung uang minimal Rp. 500.000,- maka hal tersebut harus benar-benar kita terapkan. Itulah kenapa menabung juga dapat melatih kedisiplinan.

3. Memiliki dana cadangan

Dengan menabung, kita akan memiliki dana cadangan jika sewaktu-waktu kita membutuhkannya. Adanya dana cadangan memang sangat penting bagi kehidupan kita, karena kita tidak tahu jika akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang harus mengeluarkan banyak uang. Contohnya adalah jika anak sakit atau keluarga lain yang harus dirawat di rumah sakit, mobil atau sepeda rusak dan harus diservis, kecelakaan, daln lainsebagainya.

4. Memiliki Investasi Masa Depan

Selain emiliki dana cadangan, kita juga bisa memiliki investasi untuk masa depan kita. Dana cadangan dan invetasi masa depan memiliki sedikit perbedaan yaitu juka dana cadangan digunakan untuk keperluan-keperluan yang mendadak yang tanpa kita rencanakan, sedangkan investasi masa depan adalah keperluan yang sudah kita rencanakan dan pasti ada, contohnya adalah untuk biaya anak sekolah atau kuliah, untuk membangun rumah atau bisnis jika sudah pensiun kerja, buat dana dimasa tua.

Dengan manfaat-manfaat di atas, semoga kita bisa lebih giat lagi dalam menabung demi masa depan yang baik.